Senin, 07 Mei 2012

my job n NPL... what???

yes I'm back :)
hmm,, mo mulai dari mana ya... gini, ceritanya, gue tuh tamatan teknologi pertanian tapi gue langsung daftar di bank, eh keterima :).. seneng sih, tapi sebenarnya ini bukan cita2 gue. gue pngen jd pengusaha sukses... tapi ya lumayan kerja di bank dulu buat ngumpulin modal usaha...
but, gue gak pernah gak serius,,, karena gue yakin... man shabara zhafira (orang yg bersabar akan beruntung) :D
=> truz, gue masuk pendidikan,, saat itu, ya lumayan lah memulai pelajaran dari dasar.. kerja keras tuh... hard. tapi Alhamdulillah ya,, nilai gue cukup memuaskan :D.. penasaran bgt gue ma job di lapangan nantinya... ternyata bener,, di lapangan tuh gag sepenuhnya sama dengan yg kita pelajari saat pendidikan...
NPL.......... what what
tiga huruf ini penting loh... gue ja baru paham n benar2 ngerti pas kerja... :D


Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah merupakan salah satu indikator kunci untuk menilai kinerja fungsi bank. Salah satu fungsi bank adalah sebagai lembaga intermediary atau penghubung antara pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana.........


pusing kann... @@@ sama
intinya tuh, kalau NPL kita naik, berarti banyak nasabah yg nunggak tuh... jadi kan banyak yang gak lancar.. jadi, kalau NPL tinggi, berarti kinerja fungsi bank kita tuh menurun :(

trus,,, gmn donk caranya supaya NPL gag naik???


Beberapa Hal Yang Mempengaruhi NPL Suatu Perbankan :

Menurut pendapat penulis n penulis lain :) terdapat beberapa hal yang mempengaruhi atau dapat menyebabkan naik turunnya NPL suatu bank, diantaranya dalah sebagai berikut :

>> a. Kemauan atau itikad baik debitur :
Kemampuan debitur dari sisi financial untuk melunasi pokok dan bunga pinjaman tidak akan ada artinya tanpa kemauan dan itikad baik dari debitur itu sendiri. ini nih yg susah.. cari debitur yg sadar kalau ngutang tu perlu dilunasiii

>> b. Kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia :

 peraturan-peraturan Bank Indonesia mempunyai pengaruh lansung maupun tidak lansung terhadap NPL suatu bank. Misalnya BI menaikan BI Rate yang akan menyebabkan suku bunga kredit ikut naik, dengan sendirinya kemampuan debitur dalam melunasi pokok dan bunga pinjaman akan berkurang.


c. Kondisi perekonomian :
Kondisi perekonomian mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan debitur dalam melunasi utang-utangnya.



itu dulu dehhhh,,,, enough :)..  besok kalau dapet pencerahan lagi di kantor, ntar di post deh :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar